bulan hadiah


Bulan ini bukan hanya bulan hadiah untuk umat Kristiani saja. Saya pun kecepretan 'hadiah' rupanya. Yap, setumpukan tugas berbondong-bondong diberikan para oleh 'sinterklas' kampus saya. Belum kelar ini, datang anu, belum sempet mikirin anu, ehh udah dateng itu. Mereka saling berkejaran sedang saya terseok-seok kewalahan menentukan prioritas. Akhirnya saya putuskan untuk fokus pada 1 tugas pembuatan makalah tentang peramalan.

Peramalan?? Iyah, peramalan! Bola kristal yang saya gunakan disini adalah sebuah software statistika MINITAB. Disini, saya hendak memprediksi/ meramalkan beberapa output suatu proses berdasarkan pada data terdahulu. Karena itu, tentunya saya membutuhkan data. Kriterianya, data ini harus diambil dari selang waktu yang runtun dan terpola, serta berjumlah minimal 60. Usaha pertama mendapatkan data, saya tujukan pada produksi spare part kendaraan bermotor di sebuah perusahaan STALION (Cijerah, Bandung). Beruntung saya di sambut baik, dan data pun ada di tangan tanpa kesulitan. Silaturahmi memang bermanfaat (punya kenalan orang dalem emang nguntungin) :p Sesegera mungkin saya olahdata tsb. Tapi sepertinya Tuhan menghendaki saya berusaha lebih keras. Data-data yang saya dapat Tidak Dapat Dimodelkan.

Kembali saya memutar otak tentang kriteria data yang akan saya gunakan. Menimbang waktu dan biaya, saya putuskan mencari data di internet saja. berbagai keyword saya gunakan: data sarjana pengangguran, data perceraian, data kematian, data narapidana, harga minyak dunia, GDP saya coba. Sial, data lokal sangat minim rupanya. Satu-satunya alamat yang membantu adalah situs BI namun rupanya data-data dari sana sudah banyak diberondong teman-teman. Berhari-hari saya cari, ditemukanlah data yang cocok buat saya, data output proses kimia. Dengan begadang beberapa malam, kira-kira 5 hari saya selesaikan makalh ini. Yaaa,,, satu hadiah sudah saya lahap. Kini giliran hadiah-hadiah lainna yang akan segera saya hajar... :D Mari kerja keras, jia you!

nb: seorang teman juga menghadiahi saya hadiah award diatas rupanya :) thanks to minomino



4 Responses
  1. NOOR'S Says:

    Kirain mo jadi peramal apaan, padahal saya dah siap2 minta diramal nasib sama jodoh he..he. Selamat ya atas awardnya..


  2. setuju bengcemmm
    sampai drop.drop.drop. saya....
    Tugas..tugas...;(


  3. @noor : hehee, kamu ga cocok kerja di api, soalnya ntar kepanasan!

    @baba : kebiasaan nyantai kali ya ba :D


  4. Selamat atas Awardnya...
    makasih udah mampir. Salam kenal and Follow.